CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 24 Juli 2013

Asal Mula Cupcake




Siapa tak kenal cupcake kue berukuran kecil berbentuk mangkok dengan hiasan unik warna-warni tentu sangat menarik perhatian. Dihias dengan manis membuatnya mudah dingat. Namun siapa sangka camilan mungil ini ternyata telah berumur cukup tua, berkembang di Amerika pada abad ke-19, cupcakeyang memiliki ukuran mini ini lahir (walaupun sebenarnya ada saja yang membuatnya sedikit lebih besar ^_^). Julukan "cupcake" muncul karena dahulu cara pembuatan kue ini dengan menakar bahan-bahan yang dipergunakan dengan ditakar dalam ukuran cup (mangkok), bukan ditimbang menggunakan timbangan seperti sekarang.
Tradisi ini selanjutnya berkembang menjadi kebiasaan. Awal mulanya, cupcakesering pula disebut kue “angka”, karena takaran pengukurannya sangat mudah diingat. Misalnya, satu mangkok mentega ditambah dua mangkok gula pasir ditambah tiga mangkok tepung ditambah semangkok susu dan satu sendok soda kue.

Berkembang kemudian orang-orang mulai membuat cetakan cupcake dalam wadah kaleng yang disebut Muffin tins, yang mulai populer sekitar abad ke-20. Dewasa ini, cupcake sudah menjadi sangat bervariasi, mulai dari komposisi bahan baku, ukuran, bentuk dan dekorasi.

0 komentar:

Posting Komentar